5 Hal yang jarang diketahui dari derby della capitale


Berita Liga Italia: Derby della Capitale kembali dihadirkan Minggu ini (26/01) waktu setempat yang akan mempertemukan Roma dan Lazio di Stadio Olimpico. Ada lima hal yang jarang diketahui tentang pertandingan akbar kedua tim ibukota yang berkuasa.

Game Lari Panas

Ketika kedua tim bertemu akan selalu ada beberapa tekel keras, para pemain terjebak di atmosfer dan semuanya menjadi sedikit di luar kendali. Bahkan tidak ada pertandingan di lima liga top Eropa yang menghasilkan kartu merah, kedua tim berbagi 24 kartu merah hanya dalam 38 pertandingan.

Sedangkan di Serie A, sejak musim 1994/95 permainan ini menghasilkan lebih banyak kartu merah daripada pertandingan lainnya dengan total 34 kartu, 20 untuk Lazio dan 13 untuk Roma, dan 287 kartu kuning. Pemain yang mendapat kartu terbanyak adalah mantan kapten Roma, Daniele De Rossi. Pemain dengan kartu merah terbanyak adalah Cristian Ledesma dengan tiga kartu merah.

Francesco Totti bukanlah Raja Sasaran yang sebenarnya

Banyak yang mengira pencetak gol terbanyak dalam pertandingan ini adalah legenda Roma, Francesco Totti, tetapi kenyataannya tidak demikian karena Totti dengan 11 gol tidak cukup untuk menyaingi jumlah gol yang dicetak oleh Dino da Costa. Pemain kelahiran Brasil ini telah menyumbangkan 11 dari 71 golnya ke Lazio pada 1950-an, sembilan di antaranya di Serie A dan dua di Coppa Italia.

Satu gol yang membuatnya unggul dari Totti datang dalam pertandingan persahabatan antara kedua tim di Trofeo Zenobi yang diadakan untuk menghormati mantan presiden Lazio Remo Zenobi. Da Costa menyumbang satu gol dalam kemenangan 5-1 Giallorossi yang mengantarkannya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di derby della capitale.

Lazio Tidak Pernah Menang Besar

Pertandingan antara kedua tim secara keseluruhan telah 173 kali dan ketika ditambahkan ke pertandingan tidak resmi totalnya 189 kali. Margin kemenangan terbesar Lazio selama waktu itu hanya tiga emas dan mereka hanya melakukannya pada tiga kesempatan, yaitu dua kemenangan dengan skor 3-0 dan satu kemenangan dengan skor 4-1.

Sementara Roma lebih sering menikmati kemenangan dengan skor besar dengan 4-1 dan 5-1, margin kemenangan terbesar adalah 5-0 yang terjadi pada bulan November 1933.

Lazio Menang Pertandingan Penentuan

Pertama kali dalam sejarah pertemuan Roma, Lazio terjadi di final kompetisi besar, Coppa Italia, yang terjadi pada 26 Mei 2013. Kedua tim tentu ingin memenangkannya. Saat itu Roma dikalahkan oleh Biancocelesti melalui gol tunggal dari Senad Lulic pada menit ke-71 yang juga merupakan gol bersejarah dalam sejarah derby.

Pertandingan Nomaden

Stadio Olimpico adalah stadion kelima tempat derby telah berlangsung selama 91 tahun, pertandingan pertama berlangsung di Stadio della Rondinella di kandang Lazio kemudian pindah ke Stadio Flaminio sebelum kebakaran pada 1950-an dan memiliki dua derby di 1989 Musim 90, kedua tim sementara pindah karena stadion Olimpico sedang dalam perbaikan menjelang Piala Dunia.

Stadion Olimpico telah digunakan oleh kedua tim sejak 1953 meskipun Stadion Nazionale juga merupakan derby sebelum ditutup pada 1940-an. Nazionale mengambil alih rumah tua Campo Campo pada tahun 1941, di mana Gialorossi menang dalam delapan dari 12 pertandingan di sana.

Pasal Tag: Lazio, Roma, derby della Capitale

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: LIGA OLAHRAGA

DON'T MISS

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format